• Tak Berkategori
  • 0

Ibukota pindah ke Kalimantan?

Tidak lama lagi DKI bukan milik Jakarta lagi. Tetapi DKI (Daerah Khusus Ibukota) bakal menjadi milik Kalimantan.

Pulau Kalimantan (Borneo) itu milik 3 negara: Indonesia, Malaysia dan Brunei. Wilayah paling luas tentu milik Indonesia yakni seluas 743.330 km². Dibandingkan dengan luas Pulau Jawa yang hanya 128.297 km². Kalimantan masih banyak lahan kosong karena penduduknya pun tidak sepadat Jawa.

Salah satu kandidatnya adalah Provinsi Kalimantan Tengah (KalTeng) seluas 157.983 km², jauh lebih luas dari Jakarta yang hanya seluas 661,5 km². Artinya KalTeng 240 Kali lipat lebih luas daripada Jakarta.

Penduduk Jakarta saat ini sekitar 10 juta sedangkan KalTeng hanya 2,4 juta. Kalau 1 juta PNS/TNI/Polri dari Jakarta pindah ke KalTeng, tentu masih banyak lahan untuk perumahan.

Dampak positifnya tentu banyak. Salah satunya bidang ekonomi. Andaikan saja 1 juta orang itu tiap bulan belanja 3 juta rupiah maka uang yang pindah ke Kalimantan = 1.000.000 × 3.000.000 = 3.000.000.000.000 alias 3 triliun.

Para pedagang dan usaha kecil tentu akan mendapatkan dampak positifnya. Setiap orang tentu perlu makan dan belanja kebutuhan sehari-hari. 😊

Dampak lainnya yang diharapkan pula adalah pendidikan dan lowongan pekerjaan. Semoga semakin banyak universitas yang dibangun di Kalimantan. Jadi kami putra Kalimantan tidak perlu jauh-jauh lagi bila hendak menimba ilmu. Juga bisa bekerja di kampung halaman sendiri dan membangun Kalimantan tercinta.

Semoga semua direncanakan dengan baik supaya manfaat yang dirasakan besar oleh segenap warga Kalimantan dan penduduk Indonesia. 🙏😊

Jakarta, 1 Agustus 2019

dr. Simon Yosonegoro Liem
Orang Kalimantan yang menimba ilmu di Jakarta

#IbukotaPindahKalimantan
#IbukotaBaru #Borneo #Kalimantan
#Kalteng #DKI #Ibukota

Referensi:
https://megapolitan.kompas.com/read/2019/07/30/13132531/ibu-kota-pindah-ke-kalimantan-bagaimana-nasib-dki-jakarta?page=2

dr. Simon Yosonegoro Liem

Orang Ketapang/Matan Pecinta Sejarah, Awardee LPDP “Bersinergi, menebar manfaat”

Mungkin Anda juga menyukai

Berikan Pendapat anda

%d blogger menyukai ini: